Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu Agamamu, dan telah Kucukupkan kepadamu nikmatKu dan telah Kuridhoi Islam itu jadi Agama Bagimu (Al Maidah: ayat 3)

2.17.2009

Hamas: Pengaitan Shalit dengan Gencatan Upaya Lecehkan Kesepakatan


Gaza – Infopalestina: Gerakan Perlawanan Islam "Hamas" menegaskan bahwa mereka ingin menyukseskan upaya mencapai kesepahaman mengenai semua masalah di Palestina, terutama upaya Mesir untuk mencapai gencatan senjata dengan Israel. Termasuk kesepakatan pertukaran tawanan, dan mencairkan kebekuan di internal Palestina.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh anggota dari pimpinan politik Ra'fat Nasif yang salinannya diterima Infopalestina Senin kemarin (16/2), Hamas menegaskan menjukkan keseriusannya dalam mengupayakan keberhasilan upaya Mesir untuk mencapai gencatan senjata dengan Israel namun harus dengan syarat dibukanya semua perlintasan untuk menjamin masuknya semua kebutuhan Jalur Gaza tanpa pembatasan.
Hamas juga menyampaikan penolakan mengaitkan antara masalah gencatan senjata dengan Gilad Shalit seperti yang dilakukan Israel. Upaya Israel untuk melakukan pengaitan-pengaitan ini menunjukkan mereka tidak seius dan hanya mencoba membuang percuma upaya Mesir. Selain itu gencatan senjata sesungguhnya adalah lebih banyak kebutuhan dari Israel daripada Palestina yang membutuhkannya.

Gerakan ini menegaskan, bahwa pembabasan tentara Israel harus dalam proses pertukaran tahanan. Gerakan Hamas sejak awal sudah siap untuk menyelesaikan proses ini. Namun selalu pemimpin musuh Israel berusaha menggagalkan proses kemanusiaan ini. Para pemimpin Israel selalu memanfaatkan masalah kemanusiaan penderitaan keluarga Shalit untuk kepentingan pribadi dan kelompok.

Soal pertemuan rekonsiliasi dengan Fatah, Hamas menegaskan tekadnya untuk persatuan nasional dan mengembalikan darah daging Palestina menjadi satu.

Hamas menegaskan bahwa dialog adalah jalan yang menjamin akses kepada rekonsiliasi dan persatuan penuh berdasarkan partisipasi antara semua kelompok Palestina untuk mencapai tujuan nasional yang melestarikan dara-dasar dan prinsip-prinsip Palestina. Hamas meminta agar semua pihak penciptaan kondisi untuk keberhasilan dialog ini, dan menghentikan tindakan keamanan yang menangkapi kader-kader gerakan Hamas di Tepi Barat dan melepaskan semua tahanan politik sebagai langkah keharusan menuju dialog. (bn-bsyr)

(wsm/ktp/infopalestina.com)


0 komentar:

Poskan Komentar

Terimaksih sudah menyempatkan waktunya untuk membaca artikel diatas,silahkan tinggalkan komentar Anda