Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu Agamamu, dan telah Kucukupkan kepadamu nikmatKu dan telah Kuridhoi Islam itu jadi Agama Bagimu (Al Maidah: ayat 3)

3.30.2009

Situ Gintung : Keajaiban Rumah Allah


Tragedi Situ Gintung selain menyisakan kisah pilu dari keluarga korban, juga membuka kisah tarbiyah dari Allah Swt.

Masjid adalah rumah Allah, namun masjid bagaimanakah yang dijaga dan dijamin Allah Swt. Sebagaimana kisah tragedi Tsunami di Aceh, diantara sekian banyak masjid yang hancur, ternyata ada juga masjid yang tetap kokoh ditengah porak porandanya bangunan disekitar masjid.

Ya.., tidak sembarang masjid. Hanya Allah yang maha tahu masjid mana yang tetap dijaga olehNya dalam segala suasana dan keadaan. Yang jelas, saya yakin-seyakin-yakinnya masjid yang masuk kriteria tersebut adalah masjid yang makmur dan hidup amalannya. Bukan satu-dua, sudah banyak sekali bukti menunjukkan bahwa masjid yang makmur dengan jamaahnya dan hidup amalannya maka masjid tersebut dijaga langsung oleh Allah Swt.

Maka, alangkah sedihnya kalau kita lihat realitas di masyarakat saat ini. Walaupun masjidnya megah, lengkap tapi lebih banyak yang sepi jamaahnya dan tidak ada amalan masjidnya. Kokohnya sebuah masjid bukan dari pondasinya yang kokoh, atau arsitekturnya yang bagus. Kuncinya hanya dari hidupnya amalan dalam masjid tersebut.

Bagi mereka yang senantiasa sibuk dengan amalan masjid, maka bukti keajaiban masjid saat tragedi Situ Gintung akan menambah semangat dan yakin serta keistiqomahan untuk tetap tawajuh menghidupkan amalan masjid. Semoga semakin banyak masjid-masjid lain yang hidup dengan amalan sebagaimana masjid Nabawi di jaman Rasulullah Saw.

Mari hidupkan amalan masjid, agar masjid kita bisa mencontoh masjid Nabawi di jaman Rasulullah, kampungnya sebagaimana kampung Madinah dan rumah-rumahnya sebagaimana rumah para sahabat.

Powered by Qumana
(wsm/kutip/prayudi.wordpress.com)


1 komentar:

arifin mengatakan...

Alhamdulillah, ternyata ente lebih waras dari Warso. Blognya ok loh...

Poskan Komentar

Terimaksih sudah menyempatkan waktunya untuk membaca artikel diatas,silahkan tinggalkan komentar Anda