Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu Agamamu, dan telah Kucukupkan kepadamu nikmatKu dan telah Kuridhoi Islam itu jadi Agama Bagimu (Al Maidah: ayat 3)

5.13.2009

Israel Serahkan Peta Bom Curah ke UNIFIL

BEIRUT -- Israel menyerahkan peta di mana mereka telah menjatuhkan bom curah saat terlibat perang di Lebanon pada 2006 silam. Peta ini diserahkan kepada pasukan penjaga perdamaian PBB di Lebanon, United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL), pada Selasa (12/5).

PBB dan pemerintah Lebanon sebenarnya telah berulang kali mendesak Israel menyerahkan peta itu. Israel menjatuhkan bom curah pada 72 jam terakhir dalam perang dengan Hizbullah yang berlangsung selama 34 hari itu.

Bahkan resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB yang mendesak penghentian serangan Israel ke Lebanon itu, juga memuat desakan agar Israel menyerahkan semua peta di mana mereka menembakkan bom curah saat menyerang Hizbullah kepada PBB.

''UNIFIL menerima peta tersebut dari Pasukan Pertahanan Israel (IDF) hari ini (Selasa), soal data teknis serangan serta peta-peta terkait penembakan bom curah oleh IDF selama konflik 2006 di Lebanon,'' demikian pernyataan UNIFIL.

Pernyataan tersebut juga menyebutkan bahwa para ahli UNIFIL kini sedang mengkaji data-data yang diserahkan oleh IDF tersebut.Seorang juru bicara militer Israel, menyatakan peta-peta yang menunjukkan lokasi di mana bom curah ditembakan telah diserahkan tahun lalu.

Namun ia tak bisa dimintai konfirmasi apakah peta yang diserahkan kepada UNIFIL pada Selasa itu merupakan peta baru atau peta yang telah diserahkan sebelumnya. Akibat bom curah Israel, puluhan warga desa di selatan Lebanon tewas dan ratusan lainnya terluka.

Dalam pernyataannya, Perdana Menteri Lebanon, Fuad Siniora, menyatakan mestinya Israel segera menyerahkan peta itu setelah ada resolusi DK PBB. ''Peta-peta itu mestinya telah diserahkan setelah keluarnya resolusi,'' katanya.

- reuters/fer/ahi
(wsm/kutip/republika)


0 komentar:

Poskan Komentar

Terimaksih sudah menyempatkan waktunya untuk membaca artikel diatas,silahkan tinggalkan komentar Anda