Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu Agamamu, dan telah Kucukupkan kepadamu nikmatKu dan telah Kuridhoi Islam itu jadi Agama Bagimu (Al Maidah: ayat 3)

12.27.2008

Muslim Indonesia Gelar Muktamar di Texas

Houston, CyberNews. Krisis ekonomi yang tengah melanda Amerika Serikat (AS) tidak menghalangi masyarakat Muslim Indonesia dan Malaysia di AS untuk menggelar pertemuan di Hotel Hilton, Houston, Texas. Muktamar yang akan dimulai tanggal 26 s/d 30 Desember 2008 ini akan diikuti hampir seribu orang peserta.



Acara tahunan yang diorganisir oleh Indonesian Muslim Society in America (IMSA) dan Malaysian Islamic Study Group (MISG) ini akan disi dengan serangkaian diskusi dalam berbagai tema. Tampil sebagai pembicara antara lain, Guru Besar Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Prof Dr Yunahar Ilyas, serta dua ulama kondang asal Indonesia yang menjadi imam di New York dan Washington: Imam Syamsi Ali dan Imam Mohammad Joban. Selain itu akan berbicara pula Elly Risman, seorang pakar pendidikan keluarga dari Indonesia.

Muktamar kali ini juga tergolong istimewa dengan kehadiran dua deputi mentri dari Indonesia dan Malaysia. Indonesia diwakili oleh Deputi Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Indonesia Dr. M. Budi Setiawan, sedangkan dari Malaysia yang dikirim Deputi Menteri Pendidikan.

Kegiatan Muktamar IMSA dan MISG tahun 2008 didorong oleh kesadaran atas tengah terjadinya perubahan sosial, ekonomi, dan politik di Amerika serta di berbagai belahan dunia. Indonesia dan Malaysia, sebagai bagian dari komunitas internasional, turut terkena imbas dari perubahan tersebut. Berbagai strategi harus disusun untuk menghadapi gejolak yang akan timbul.

Para pembicara akan memberikan berbagai arahan dan pemikiran sehingga komunitas muslim Indonesia dan Malaysia dapat menyikapi perubahan tersebut secara bijaksana dan berhasil melewatinya. Diharapkan akan ada kesepahaman bersama dan langkah konkret yang akan dilakukan pasca muktamar nanti.

Indonesian Muslim Society in America (IMSA) adalah organisasi terdaftar dan diakui oleh pemerintah Amerika Serikat sebagai oganisasi “religious, charitable, scientific, literary, and educational”.

Kegiatan utama IMSA adalah pembangunan karakter warga Muslim Indonesia yang tinggal dan menetap di Amerika Serikat dan Kanada sehingga mereka akan menjadi komunitas yang produktif serta memberikan kontribusi positif terhadap masyarakat Amerika secara umum maupun masyarakat Indonesia di tanah air.Sedangkan kegiatan rutinnya antara lain pengajian pekanan, seminar Islam, siaran radio internet muslim, pengumpulan ZISWAF dan lain-lain.(wsm/ktp/sr)


0 komentar:

Poskan Komentar

Terimaksih sudah menyempatkan waktunya untuk membaca artikel diatas,silahkan tinggalkan komentar Anda