Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu Agamamu, dan telah Kucukupkan kepadamu nikmatKu dan telah Kuridhoi Islam itu jadi Agama Bagimu (Al Maidah: ayat 3)

12.18.2008

Obama Laris Pujian, Bush Laris Hinaan


NEW YORK - Akhir 2008 menjadi momen tak terlupakan bagi Presiden AS George W. Bush dan Presiden terpilih AS Barack Hussein Obama. Namun, nasib keduanya bertolak belakang......



Setelah insiden pelemparan sepatu oleh wartawan Iraq pada Minggu lalu (14/12), Presiden Bush menjadi kepala negara yang paling hina di dunia. Sedangkan Obama menjelang pelantikannya 20 Januari nanti justru terus menuai pujian. Penghargaan terbaru yang diterima mantan siswa SDN Menteng 1 Jakarta Pusat itu adalah Person of The Year 2008 oleh majalah Time tadi malam.

Meskipun bisa ngeles dari lemparan Murtada Al-Zaidi, Bush tidak bisa menghindar dari kejatuhan reputasinya. Bush kini menjadi paria. Saat ini melemparkan sepatu ke wajah presiden AS ternyata menjadi tindakan yang paling banyak diinginkan di seluruh dunia. Buktinya, setiap berita, video, bahkan permainan (game) yang terkait insiden pelemparan sepatu dalam hitungan jam langsung mencapai hit tertinggi di internet.

Game online bertema ''sepatu melayang ke wajah presiden AS'' langsung menjamur di internet. Semua situs game online itu diserbu karena pemain bisa melemparkan sepatu sepuas-puasnya ke muka Presiden Bush.

Situs www.SockandAwe adalah salah satu yang menawarkan game online itu. Dalam game tersebut tertulis, ''Lempar muka Bush dengan sepatumu! Ayo, lakukan!'' Permainan itu menyediakan sepatu dalam jumlah tak terbatas.

Di Prancis, game online yang sama diberi nama Flying Babush. Para pemain game itu mendapatkan poin dari berapa lama bisa melempar Bush dengan sepatu hingga mengenai muka pemimpin negara adidaya yang di ambang kehancuran tersebut.

Selain menjadi produk favorit game online, rekaman peristiwa presiden AS dilempar sepatu mencapai rekor tertinggi yang paling banyak dilihat pengunjung di situs Youtube dan situs-situs internet lainnya.

''Rata-rata 209 orang setiap jam mengunduh rekaman insiden itu lewat Youtube,'' kata David Burch, manager marketing TubeMogul, yang memantau lalu lintas pengunduhan di Youtube.

Menurut dia, saat ini lebih dari 5.000 versi rekaman insiden itu dan dilihat 8.145.000 orang dengan disertai ribuan komentar. Mayoritas orang yang menyaksikan rekaman insiden tersebut berharap agar wartawan Iraq melakukan sesuatu yang lebih keras daripada sekadar lemparan sepatu. Meski lemparannya meleset, sebagian mengatakan bahwa setidaknya mereka senang sepatu wartawan Iraq itu sudah mengenai bendera AS yang dipasang di belakang Bush.

Tidak semua personel AS selamat dalam insiden di kantor PM Iraq Nuri al-Maliki itu. Sekretaris Pers Gedung Putih Dana Perino mengalami memar pada sekitar matanya. Tubuh Perino yang saat itu sedang memegang mikrofon terdorong oleh personel keamanan yang bergerak cepat untuk mengamankan situasi. Akibatnya, wajahnya lebam terbentur mikrofon. Noda hitam di bawah mata itu seakan menjadi suvenir paling tak berkesan menjelang tugasnya berakhir bersama sang bos pada 20 Januari nanti.

Kondisi sebaliknya dialami oleh Obama. Selain menang gemilang dalam Pilpres AS November lalu, Obama juga memenangi anugerah majalah Time sebagai Person of the Year 2008.

Dalam penyisihan untuk penghargaan paling bergengsi di akhir tahun itu, Obama menyisihkan komandan krisis keuangan AS Menkeu AS Henry Paulson, Presiden Prancis Nicolas Sarkozy, Gubernur Alaska dan mantan kandidat Wapres AS Sarah Palin, dan tokoh Tiongkok Zhang Yimou.

Pemenang tahun lalu adalah Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin. Sebelumnya juga Time memasukkan Bono (vokalis U2), Presiden George W Bush, dan pendiri dan CEO Amazon.com Jeff Bezos sebagai kandidat.(AP/kim)


0 komentar:

Poskan Komentar

Terimaksih sudah menyempatkan waktunya untuk membaca artikel diatas,silahkan tinggalkan komentar Anda