Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu Agamamu, dan telah Kucukupkan kepadamu nikmatKu dan telah Kuridhoi Islam itu jadi Agama Bagimu (Al Maidah: ayat 3)

1.25.2009

Arab Kecam Dukungan Kanada Buat Israel

Ottawa, CyberNews. Duta besar Arab telah menyampaikan keluhan kepada diplomat tinggi Kanada mengenai kebijakan Timur Tengah-nya yang tak seimbang, yang mereka katakan pada Jumat mendukung Israel dan tak mempedulikan penderitaan rakyat Palestina.

"Kami telah mendorong Kanada untuk mengambil sikap yang lebih seimbang, yang mempertimbangkan kenyataan di lapangan dan tak memihak satu pihak pun," kata Amin Abou-Hassira, utusan Pemerintah Otonomi Palestina di Ottawa. Sikap Kanada sekarang tidak seimbang, katanya.

Semua 15 utusan tersebut, termasuk Abou-Hassira, bertemu dengan Menteri Luar Negeri Lawrence Cannon awal pekan ini untuk meminta penjelasan dari dia mengapa pernyataan resminya tak mencerminkan kenyataan dan menimpakan seluruh kesalahan dalam perang di Jalur Gaza pada penembakan roket HAMAS ke dalam wilayah Israel, katanya.

Pemerintah Konservatif Kanada pimpinan Perdana Menteri Stephen Harper, sejak pemilihan umum pada 2006, tanpa malu-malu telah bersikap pro-Israel.

Ottawa mengumandangkan pendapat negara Yahudi dalam menyatakan HAMAS memancing perang paling akhirnya dengan Israel dengan menjadikan warga sipil Israel sebagai sasaran serangan roket rakitan. Dan seorang menteri Kanada malah menyalahkan HAMAS atas kematian 40 warga sipil di satu sekolah PBB yang dibom oleh Israel.

"Roket rakitan gerakan Palestina tersebut, yang lebih merupakan teriakan kesulitan akiabt pendudukan dan blokade kejam dibandingkan senjata perang, menewaskan 13 orang Israel dalam delapan tahun," kata para diplomat itu kepada Cannon dalam satu pernyataan.

"Dalam 23 hari, pesawat tempur, tank dan bom serta kapal perang Israel telah menewaskan hampir 1.500 orang Palestina," kata mereka.

Kementerian Kesehatan Palestina mencatat lebih dari 1.300 orang meninggal dan 5.000 orang cedera selama 22-hari "Operasi Meraih Keunggulan" Israel, sementara di pihak Israel tiga warga sipil dan 10 prajurit tewas dalam pertempuran dan serangan roket serta puluhan orang cedera, demikian jumlah resmi tersebut.

Kanada, selama pemerintahan Harper, menjadi negara pertama yang membekukan bantuan buat pemerintah Palestina setelah terpilihnya HAMAS pada 2006.

Kanada juga menjadi satu-satunya negara yang menentang resolusi Dewan Hak Asasi Manusia PBB di Jenewa untuk mengutuk serangan Israel di Jalur Gaza. Kementerian Luar Negeri di Ottawa tak bersedia memberi komentar.(wsm/ktp/sm)


0 komentar:

Poskan Komentar

Terimaksih sudah menyempatkan waktunya untuk membaca artikel diatas,silahkan tinggalkan komentar Anda