Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu Agamamu, dan telah Kucukupkan kepadamu nikmatKu dan telah Kuridhoi Islam itu jadi Agama Bagimu (Al Maidah: ayat 3)

1.09.2009

Pasukan Israel Tak Mau Tolong Korban Cedera

Jenewa, CyberNews. Komite Palang Merah Internasional (ICRC), Kamis (8/1), mengungkapkan fakta lapangan bahwa pasukan Israel tidak membantu korban yang cedera di sebuah permukiman Kota Gaza dan menyebut insiden itu mengejutkan.

Seperti dilaporkan AFP, pada hari Rabu (7/1), para petugas ICRC dan Bulan Sabit Merah Palestina menemukan 12 orang tewas dan paling tidak 19 orang masih hidup, termasuk beberapa orang yang cedera dan empat anak-anak yang lemah di rumah-rumah yang terkena serangan di daerah Zaytun, kurang dari 100 meter dari posisi militer Israel, kata ICRC dalam sebuah pernyataan.



Tentara Israel memerintahkan para petugas pertolongan meninggalkan lokasi itu tetapi mereka menolak. "ICRC yakin bahwa dalam hal ini militer Israel tidak memenuhi kewajibannya sesuai hukum kemanusiaan internasional untuk merawat dan mengevakuasi mereka yang cedera," kata pernyataan langsung yang tidak biasa dilakukan ICRC itu.

Pierre Wettach, ketua delegasi ICRC untuk wilayah Israel dan Palestina, menyebut insiden itu sebagai mengejutkan. "Militer Israel harus mengetahui situasi itu tetapi tidak membantu mereka yang cedera. Mereka juga tidak memungkinkan bagi kami atau Bulan Sabit Merah Palestina untuk membantu korban yang cedera," tambahnya.

Banyak mereka yang cedera kabarnya berada di tempat penampungan di rumah-rumah lainnya yang hancur di Zaytun dan ICRC menuntut akses segera untuk mencari mereka yang selamat.

Tim Palang Merah yang antara lain terdiri dari empat ambulans hanya memperoleh jaminan keselamatan perjalanan dari Pasukan Pertahanan Israel bagi akses ke permukiman itu pada 7 Januari. Jaminan itu diberikan setelah ICRC selama empat hari berusaha mendapatkannya.ICRC menyebut penundaan izin itu hal yang tidak bisa diterima.(wsm/ktp/sm)


0 komentar:

Poskan Komentar

Terimaksih sudah menyempatkan waktunya untuk membaca artikel diatas,silahkan tinggalkan komentar Anda